Friday, May 1, 2020

Info Lengkap Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk & DVD


Dittas - Saat ini banyak komputer versi baru yang dimana memberikan upgrade hardware dan berbagai hal, selain itu laptop juga ambil bagian dalam peran penggunaan. Banyak perangkat komputer dan laptop yang saat ini memiliki komponen yang bagus, pastinya bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan support berbagai macam sistem operasi dan aplikasi.

Ngomong-ngomong soal sistem operasi, maka kali ini saya akan membahas seputar sistem operasi windows. Sistem Operasi / OS yang satu ini memang sudah sangat banyak kita temui, hampir semua dari pekerja kantoran atau siswa menggunakan sistem operasi windows. Tak hanya siswa atau pekerja, di warung internet atau warnet juga menggunakan windows.

Sebenarnya ada banyak jenis dari windows. salah satunya yang saat ini terbaru adalah windows 10. Masih sama seperti windows 7 dan windows 8. Untuk windows 10 sendiri mengusung tema dinamis yang dimana merupakan kolaborasi antara windows 7 dengan windows 8. Wah pasti sangat menarik apa lagi dari tampilan windows 8 yang sangat dinamis dan ditambah dengan tampilan windows 7 yang minimalis.

Maka windows 10 merupakan solusi terbaik dari windows sebelumnya, lantas ternyata masih ada yang bingung, apakah windows 10 gratis ?. Windows 10 merupakan windows gratis, tapi jika anda upgrade sebelum tanggal 29 Juli 2016. Jadi ketika anda upgrade ke windows 10 akan mendapatkan update sekaligus dukungan secara gratis dari microsoft selamanya.

Spesifikasi Minimal


Seperti yang sudah saya katakan tadi, banyak kelebihan yang dimiliki oleh windows termasuk fitur gratisnya. Jadi buruan upgrade / update ke versi terbaru, lebih ringan dan lebih kompatibel dengan aplikasi kebanyakan.

  • Processor: 1+ GHz (gigahertz) or faster processor or SoC
  • Hard Disk Space: 16 GB untuk 32-bit OS atau 20 GB untuk 64-bit OS
  • Graphics Card: DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver
  • Display Screen Resolution: at least 1024×600
  • RAM: 1 GB (gigabyte) for 32-bit (x86) or 2 GB for 64-bit (x64)
  • Microphone: for Cortana use (optional)
  • Nah diatas tadi adalah minimal perangkat hardware yang harus anda penuhi, jika sudah pas atau paling bagus si lebih dari itu maka bisa langsung upgrade sob.

Setting BIOS

Selanjutnya Langkah yang perlu di persiapkan adalah membuat bootable dan setting bios, ini bertujuan mempersiapkan komponen yang di perlukan pada saat install windows 10.

1. Pertama burning terlebih dahulu file ISO Installer windows ke flahsdisk atau dvd cd.

2. Masukan flashdiks / dvd ke perangkat komputer atau laptop anda.

3. Lalu restart pc anda, setelah itu masuk ke menu BIOS. Caranya ketika menyala tekan tombol F2 / F4 / F8 / F10 / F12 atau DEL tergantung merek pc anda.

4. Setelah masuk ke menu BIOS, silahkan pilih Boot Option atau Boot Order.

5. Selanjutnya ubah susunan boot untuk yang paling atas adalah Removable Disk (untuk install pakai flashdiks) dan jika anda menginstal menggunakan DVD maka setting CD/DVD diurutan atas. Dan booting yang di urutan dua adalah HDD/Hardisk, lihat gambar berikut lebih jelasnya.

No comments:

Post a Comment